27 Maret, 2009

Kacang vs Kolesterol



Apa itu kolesterol?

Lemak hewani yang tidak larut oleh air – komponen terbesar dalam darah. Oleh karena itu, kolesterol dibawa ke bagian tubuh yang memerlukan dengan pembawa khusus bernama lipoprotein. Kolesterol berguna untuk pembentukan asam empedu, hormon-hormon tertentu, dan pembentukan vitamin D.


Bagaimana kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung & stroke?

Kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyumbat aliran darah. Bila penyumbatan terjadi di jantung, dapat menyebabkan serangan jantung. Bila terjadi di otak, dapat menimbulkan serangan otak alias Stroke.


Katanya ada kolesterol Baik dan kolesterol jahat?

Kolesterol ”jahat” adalah LDL – Low Density Lipoprotein. Bila kolesterol yang digunakan dalam sel-sel tubuh sudah dianggap cukup, sel-sel tidak akan menerima kolesterol lagi sehingga kadar LDL dalam darah meningkat, LDL dalam darah meningkat, LDL mulai menyimpan kolesterol yang berlebih pada dinding arteri. Inilah awal penyumbatan aliran darah menunu jantung dan otak.

HDL – High Density Lipoprotein, dikenal sebagai kolesterol “baik”. Tubuh kita memproduksi sendiri kolesterol HDL untuk perlindungan tubuh (80%) sisanya adalah dari makanan yang kita konsumsi (20%). HDL memindahkan kolesterol yang berlebih dalam darah menuju hati untuk dibuang.


Berapa sih kadar kolesterol yang berbahaya?

Level Total Kolesterol darah anda
Ideal: <200 mg/dL
Batas sebelum risiko: 200-239 mg/dL
Berisiko tinggi: >240 mg/dL

Level Kolesterol LDL anda
Ideal: <130 mg/dL
Batas: 130-159 mg/dL
Berisiko tinggi: >160 mg/dL

Level Kolesterol HDL anda
Pria umumnya dari 40 hingga 50 mg/dL
Wanita umumnya dari 50 hingga 60 mg/dL

Level Kolesterol Trigliserida anda
Normal: <150 mg/dL
Batas Tinggi: 159-199 mg/dL
Tinggi: 200-499 mg/dL
Sangat Tinggi: >500 mg/dL

Catatan:
- Kolesterol diukur dalam miligram per deciliter darah (mg/dL)
- Total kolesterol = level LDL + level HDL
- Trigliserida adalah jumlah lemak yang bersikulasi dalam darah


Apa benar kacang tanah bebas kolesterol

Benar. Kolesterol hanya terdapat pada lemak yang berasal dari hewan. Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.


Tapi bukankah kacang tanah mengandung lemak

Lemak yang dikandung kacang tanah merupakan lemak tak jenuh yang justru bermanfaat bagi tubuh. Lemak terdiri dari dua jenis: lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Lemak jenuh terdapat pada daging. Produk olahan susu, santan dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh memicu tubuh menghasilkan kolesterol dengan cara meningkatkan kadar LDL tapi mengurangi kadar HDL.

Lemak tak jenuh ganda terdapat pada minyak jagung dan minyak kacang kedelai. Lemak ini lebih baik daripada lemak jenuh karena dapat menurunkan total kolesterol.

Lemak tak jenuh tunggal terdapat dalam minyak kacang, ikan serta sayur-sayuran. Lemak ini paling baik karena mampu menurunkan LDL sekaligus meningkatkan HDL.


Berarti kacang tanah dapat menurunkan kolesterol?

Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 0ns kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9. (Sumber: leafleat Hari Kesehatan Nasional ke 40 – Indonesia Sehat 2010, De

1 komentar:

  1. wah..jadi tenang deh..
    tadinya kawatir dengan kacang tanah, soalnya merupakan makanan kesukaan..tp bagaimana dengan kacang mete ya.?? apakah sama juga..

    BalasHapus