14 Mei, 2009

Apa pentingnya Trigliserid

Trigliserid merupakan ukuran penting kesehatan jantung. Inilah mengapa trigliserid penting. Cari tahu apa yang harus dilakukan jika trigliserid anda terlalu tinggi.

Anda mengetahui bahwa indeks massa tubuh (IMT) anda sedikit tinggi. Anda juga mengawasi tekanan darah dan kadar kolesterol anda. Sekarang doktor anda menyarankan juga menurunkan trigliserid. Jika anda tidak menyadari trigliserid anda tinggi ketahuilah bahwa gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan trigliserid anda.

Apa itu trigliserid?

Trigliserid adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Ketika anda makan, tubuh mengubah kalori yang tidak segera digunakan ke dalam bentuk trigliserid. Trigliserid disimpan dalam sel lemak anda. Kemudian, hormon melepaskan trigliserid sebagai energi antar waktu makanan. Jika anda secara teratur makan melebihi kalori yang dibakar, mungkin trigliserid anda akan tinggi (hipertrigliseridemia).


Apa perbedaan antara trigliserid dengan kolesterol?

Trigliserid dan kolesterol merupakan jenis lemak berbeda yang beredar dalam darah. Trigliserid menyediakan energi untuk tubuh, sementara kolesterol digunakan untuk membangun sel dan hormon tertentu. Karena trigliserid dan kolesterol tidak dapat memecahkan di dalam darah, mereka beredar di seluruh tubuh dengan bantuan protein yang disebut lipoprotein.

Bagaimana yang disebut normal?

Suatu tes darah sederhana dapat mengungkapkan apakah trigliserid anda masuk ke dalam range yang sehat.

* Normal, jika trigliserid kurang dari 150 miligram per desiliter (mg/dL)
* Batas tinggi, jika trigliserid 150 - 199 mg/dL
* Tinggi, jika trigliserid 200 - 499 mg/dL
* Sangat tinggi, jika trigliserid 500 mg/dL atau lebih

Mengapa trigliserid tinggi penting diketahui?

Walaupun mekanisme yang tepat belum jelas, trigliserid tinggi mungkin berperan dalam memperkeras arteri (aterosklerosis) atau penebalan dinding arteri, yang akan meningkatkan resiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung.

Trigliserid tinggi sering disertai kondisi lain yang dikenal dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke, mencakup obesitas dan sindrom metabolisme, yakni suatu kondisi yang meliputi terlalu banyak lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, trigliserid tinggi, gula darah tinggi dan kadar kolesterol tidak normal.

Terkadang trigliserid tinggi merupakan suatu tanda dari diabetes yang kurang terkontrol baik, rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroid), penyakit hati atau ginjal, atau penggunaan obat tertentu. Trigliserid tinggi dapat juga diakibatkan oleh faktor keturunan, walaupun jarang.

Bagaimana cara terbaik menurunkan trigliserid?

Gaya hidup sehat adalah kuncinya.

* Kurangi kelebihan berat.
Jika anda kelebihan berat, kehilangan beberapa kilogram dapat membantu menurunkan trigliserid. Motivasi diri anda dengan memusatkan pada keuntungan mengurangi berat, seperti lebih berenergi dan meningkatkan kesehatan.
* Konsumsi lebih sedikit kalori.
Ingat bahwa kelebihan kalori dikonversi ke dalam bentuk trigliserid dan disimpan sebagai lemak. Mengurangi kalori berarti akan mengurangi trigliserid.
* Hindari makanan yang mengandung gula.
Karbohidrat sederhana, seperti gula, dapat menyebabkan peningkatan mendadak dalam produksi hormon insulin. Hal ini dapat meningkatkan trigliserid.
* Batasi asupan kolesterol.
Cobalah untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 300 miligram kolesterol per hari atau kurang dari 200 miligram jika anda mempunyai penyakit jantung. Menghindari sumber utama kolesterol, mencakup daging, kuning telur dan produk susu.
* Pilih lemak yang lebih sehat.
Hindari lemak jenuh dan sebagai gantinya pilih lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam zaitun, kacang tanah dan minyak canola. Sebagai tambahan, mengkonsumsi ikan tinggi asam lemak omega-3 seperti sejenis ikan makarel dan ikan salmon sebagai ganti daging merah.
* Hindari alkohol.
Alkohol tinggi dalam kalori dan gula dan mempunyai efek yang kuat terhadap trigliserid. Bahkan sejumlah kecil alkohol dapat mengakibatkan kadar trigliserid tinggi.
* Olah raga secara teratur.
Cobalah melakukan minimal 30 menit aktivitas fisik per hari. Olah raga rutin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL/high-density lipoprotein) selagi menurunkan kolesterol jahat (LDL/low-density lipoprotein) dan trigliserid. Cobalah berjalan setiap hari, berenang atau bergabung dengan suatu kelompok olah raga.

Penting juga mengendalikan diabetes dan tekanan darah tinggi, jika anda mempunyai kondisi tersebut.

Bagaimana dengan pengobatan?

Jika perubahan gaya hidup sehat belum cukup untuk mengendalikan trigliserid tinggi, dokter mungkin merekomendasikan pengobatan. Pengobatan kolesterol yang dikenal adalah fibrate (seperti fenofibrate atau gemfibrozil) dan asam nikotinat (seperti niasin) yang umumnya efektif untuk menurunkan trigliserid. Jika anda juga mempunyai kadar HDL (kolesterol baik) yang rendah dan LDL (kolesterol jahat) yang tinggi, dokter mungkin meresepkan penurun kolesterol golongan statin atau kombinasi dari statin dan fibrat atau asam nikotinat.

Jika dokter meresepkan obat untuk menurunkan trigliserid, gunakan seperti yang telah ditentukan. Yang perlu diingat adalah perubahan gaya hidup sehat yang anda telah lakukan. Pengobatan dapat membantu, tetapi gaya hidup juga penting.

1 komentar: